Buku 40 Tahun Mapala UI – Jejak Kampus di Jalan Alam

Posted on

Bedah dan Ulasan Buku 40 Tahun Mapala UI – Jejak Kampus di Jalan Alam

Bagi Pecinta alam atau pendaki gunung, nama organisasi Mapala UI tentunya sudah tidak asing lagi. Sebuah organisasi Mahasiswa Pecinta Alam dari Universitas Indonesia ini selama kurun waktu 1964 sampai 2004 mempunyai banyak aneka peristiwa penting dalam dunia petualangan di Indonesia.

Kegiatan mereka sangat jelas terekam dalam sebuah buku petualangan alam bebas dan pendakian gunung berjudul Mapala UI 40 Tahun Jejak Kampus di Jalan Alam. Buku ini pernah dijual bebas melalui social media twitter di akun resmi Mapala UI tentunya. Penulis mendapatkannya dalam bentuk Hardcover dengan warna biru khas alam dengan cover dinding raksasa Carstensz Pyramid.

Buku ini lebih dari sekedar  album kenangan, buku ini bercerita tentang upaya pantang menyerah , termasuk jatuh bangun para anggota untuk mengembangkan organisasi pecinta alam kampus yang tertua ini.

didirikan pada tanggal 12 desember 1964 oleh sejumlah aktivis kampus yang muak dengan situasi politik zaman itu yang serba munafik, MAPALA UI berkembang menjadi pelopor kegiatan petualangan di indonesia. berbekal semangat belajar dari alam, hutan, tebing, sungai, laut hingga perut buminyaris seantero nusantara terus disambangi. setelah mencapai puncak tertinggi di irian jaya / papua pada tahun 1972, tiga puncak khatulistiwa dan puncak tujuh benua atau the seven summit expedition. selama kurun waktu 1980-an.

Selama 2 tahun terakhir ini Penulis juga mendapatkan tambahan 1 buah buku lagi namun dalam bentuk yang berbeda, yaitu softcover. Penulis ucapkan terima kasih yang sebesar besarnya kepada salah satu anggota Mapala UI yaitu Bapak Yayak M Saat yang berkenan memberikan secara gratis buku ini. Tidak ada perbedaan yang mencolok kedua format buku ini. Isinya pun sama baik kualitas kertasnya juga.

Yang tidak kalah keren ternyata penerbitan buku  40 Tahun Mapala UI – Jejak Kampus di Jalan Ala mini didukung oleh perusahaan ternama antara lain, Permata Bank, Bank BNI, Penerbit Kompas, Jamsostek, Mandiri sekuritas, Assegaf hamzah Partners serta Jatis Mobile. Dan itu terpampang sangat jelas di halaman kedua buku ini Logo Perusahaan mereka. dan sayangnya Kontrak Sponsor sudah berakhir dan buku ini menjadi sangat langka untuk dimilik. jika pihak penerbit Mapala Ui berkenan menerbitkan ulang buku ini Penulis yakin akan banyak yang berminat serta ingin mengoleksinya. entah sebagai buku kenangan atau menjadi buku referensi bagi organsasi lainnya yang sejenis.

Secara Umum, Buku 40 Tahun Mapala UI – Jejak Kampus di Jalan Alam ini terbagi menjadi 3 bagian. Bagian atau daftar isi dari buku tersebut bisa dilihat di gambar di bawah ini :

Isi buku ini sangat luar biasa sekali untuk menjadi “ Buku Kolektor” bagi para pendaki Gunung dan petualang alam bebas, dimana memuat kegiatan utama Mapala Ui , mulai zaman ekspedisi pendakian Puncak Jayawijaya di irian Barat hingga ekspedisi Tujuh Puncak benua atau dikenal dengan World Seven Summits, namun minus Puncak Everest Himalaya serta Puncak Vinson Masiff di Kutub Selatan Benua Antartika.  Dan tidak lupa tentunya kegiatan lain seperti catatan kegiatan Panjat Tebing / Rock Climbing, Susur Gua/ Caving, Arung Jeram Arus deras / Rafting, sampai kegiatan berlayar, menyelamserta kegiatan sosial lainnya.

Penulis sendiri pertama kali membaca sempat terkaget kaget, bagaimana di dalamnya dilengkapi photo kegiatan mereka selama kurun waktu 40 Tahun itu terpampang begitu Indahnya, Photo tersebut  terbaca dengan jelas menempel di setiap artikel yang ditulis oleh para anggotanya. Seolah memberikan ilustrasi tentang artikel yang dimuat, terutama sekali ketika ada pembahasan tentang Carstensz Pyramid yang merupakan tema paling besar di buku ini. Dimana Ilustrasi serta Photo Mapala Ui Tempo Doeloe sangat jelas sehingga kita dalam membaca sera kembali ke masa lalu. karena dalam buku yang tebalnya hampir 250 Halaman ini banyak cerita bagaimana susahnya para anggota khususnya yang berusaha menerbitkan buku ini mencari data digital  berupa photo dan lain sebagainya karena lokasi sekretariat sering berpindah-pindah.

Secara umum , dalam buku ini memang beberapa artikel ditulis oleh para angoota Mapala Ui seperti, Rudy Badil, Julianti Tanti Bekti, Yayak M Saat, Agustaman, dan lain sebagainya. Bahkan Artikel Mengenai Ekspedisi Norman Edwin, Soe Hok Gie pun diulas komplet dan sangat detail. Benar benar sebuah Buku Kenangan dan memorable banget.

Sampai para penulis buku ini yakin bahwa Buku 40 Tahun Mapala UI – Jejak Kampus di Jalan Alam akan menjadi Buku Panduan dasar bagi kegiatan Seprofesi para pendaki Gunung dan Pecinta Alam lainnya agar bisa menerbitkan buku sejenis. Penulis berharap seandainya setiap Mahasiswa Pecinta Alam di Indonesia atau Organisasi dan Komunitas Pendaki Gunung di Indonesia menerbitkan Buku sejenis tentunya Kisah Petualangan di Indonesia akan terpublikasikan dengan baik.

Dalam Buku ini ada hal menarik sebagai bonus, karena disisipkan 2 buah Boklet tentang Ilustrasi Pegunungan Sudirman dan Panduan Pendakian Gunung Gede Pangrango.

Untuk Lebih jelasnya isi dari Buku silahkan menonton dalam Review Video di Youtube di bawah ini :

Akhir kata, Penulis sangat beruntung bisa membaca Buku 40 Tahun Mapala UI Jejak Kampus di jalan Alam ini yang sangat Memorable sekali. Buku ini sangat layak menjadi Buku kenangan bagi semua para Pendaki Gunung dan Pecinta Alam di Indonesia utamanya tentang Pendakian Carstensz Pyramid serta Buku ini dapat menjadi referensi bagi Anggota Mahasiswa Pecinta Alam lainnya untuk membuat buku sejenis.

Harapan penulis, Buku ini dapat diterbitkan dalam bentuk Bahasa Inggris agar bisa menjadi panduan bagi para Mountaineer, Climber atau apalah sebutan para Penggiat Alam Bebas dari Luar Negeri untuk mengenal Alam Indonesia yang sangat Indah. Dan harapan terbesar adalah buku ini ada kelanjutan cerita dari tahun 2004 sampai sekarang 2019, karena yakin masih banyak cerita yang asyik di era Modern ini. Tentunya dengan gambar yang lebih “ professional” untuk ditampilkan. Dan harapan terakhir adalah buku ini bisa didapatkan dengan mudah dengan cara dijual bebas baik langsung di secretariat Mapala UI atau di Toko Online Marketplace seperti Buku Alam dan Hobby di Tokopedia dan Buku Pendakian Gunung di Bukalapak atau Buku Petualangan Alam bebas di Shopee.

Segala Kritik saran bisa diinfokan melalui Email : info@bukumendakigunung.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *