Gamlang Razi vs Hkakabo Razi Sensasi Pendakian Gunung Tahun 1970-an di era Modern

Posted on

Siapa yang tidak mengenal Carstensz pyramid sang raksasa dari Timur yang menjulang tinggi sebagai salah satu Seven Summit dunia. namun banyak beberapa ahli mengatakan ada salah satu Gunung di Myanmar yaitu Hkakabo Razi mencatatakan lebih tinggi dari itu, bahkan tertinggi di kawasan ASEAN.

gunung Hkakabo Razi telah lama diyakini sebagai gunung tertinggi di Asia Tenggara. Terletak di bagian utara Burma, dekat perbatasan Cina dan India, gunung terpencil tersebut merupakan bagian dari deretan timur Himalaya.

namun, Pada tahun 2013 Sebuah tim gabungan Amerika-Burma telah menjadi tim pendaki pertama yang berhasil mencapai puncak gunung Gamlang Razi, yang dianggap tertinggi di Asia Tenggara, dan terletak di negara bagian Kachin, Burma.

Sebelumnya pernah ada perdebatan tentang mana puncak tertinggi untuk Asia Tenggara ini, dua kandidat yang menjadi bahan perdebatan adalah Razi bersaudara, yaitu Hkakabo Razi sendiri, dan saudaranya Gamlang Razi yang juga merupakan pegunungan misterius dengan puncak tak terjelajah. Namun belakangan semakin diketahui dengan yakin, bahwa Hkakabo Razi berada diatas Gamlang Razi dengan perbedaan elavasi hingga seratusan meter.

bahkan di dalam video yang kita sajikan dari youtube di bawah artikel ini sangat jelas bahwa Gamlang Razi akhirnya menjadi Raja dari Puncak Tertinggi di Asean.

dalam video tersebut sangat jelas bahwa Pendakian ke Gunung kembar ini tidaklah Mudah, banyak pendaki membayar tinggi segala bentuk fasilitas agar mereka bisa berdiri tegak di Puncak Tertinggi di Dunia, Mount Everest.mereka rela membayar Helikopter sampai titik awal pendakian di basecamp Everest.

Namun jangan salah di era yang serba komersial ini masih banyak para Pendaki gunung dan para petualang serta penjelajah merindukan beberapa teknik penjelajahan gaya lama, yang sepi, yang hening, yang terpencil, dan yang jauh dari segala kebisingan yang mengganggu. mereka ingin sekali merasakan kegiatan adventure dan pendakian gunung serasa kembali ke tahun 1970-an.

dan saat ini bisa mereka dapatkan jika ingin mendaki kedua Gunung ini.dimana akan kembali ke 50 atau 70 tahun yang lalu, ketika semangat menjelajahi tempat tempat baru dengan seperangkat kegigihan dan kesabaran, menjadi jauh lebih penting dari sekedar outdoor gears yang serba mahal, dan teknologi masa kini yang seakan memanjakan para pendaki gunung.

Kedua gunung ini tak bisa dijangkau dengan mobil Dakkar yang biasa berjibaku dengan lumpur, helicopter pun belum tersedia untuk mendrop para pendaki hingga ke kaki gunung. Selama lebih dari sebulan perjalanan di tengah hutan lembab yang gelap, penuh laba laba, phyton, bahaya nyamuk malaria, dan segala tantangan lain yang akan melelehkan nyali.

bahkan salah satu pendaki Gunung Renan Osturk dalam Ekspedisi National geographic dan North face mengatakan
“..anda bisa mati terlebih dahulu sebelum melihat kaki Gunungnya..” ketika dia mencoba salah satu sisi dari kedua Gunung ini.

 

VIDEO LANGKA MUNCULNYA ANAK GUNUNG KRAKATAU PERTAMA KALI

VIDEO LANGKA MUNCULNYA ANAK GUNUNG KRAKATAU PERTAMA KALI

 

 

Bahkan anggota-anggota ekspedisi asal Burma masih ragu mengatakan mereka telah mendaki puncak tertinggi di negara tersebut. Pyae Phyo, satu-satunya pendaki Burma dalam tim tersebut yang mencapai puncak tersebut, menghindar dari pertanyaan puncak mana yang tertinggi. Ia mengatakan terlalu bangga karena telah mencapai puncak yang belum didaki orang sebelumnya, dan ia juga harus bertahan dalam perjalanan yang sulit dan jatuh dari ketinggian 600 meter tanpa cedera.

Ekspedisi itu melewati daerah-daerah terpencil desa-desa terakhir di Burma yang ditinggali orang kerdil, dan juga wilayah-wilayah yang dihuni satwa langka. Anggota tim Eric Daft merekam video dokumenter mengenai ekspedisi tersebut, yang bisa anda Tonton di bagian Paling Bawah artikel ini, atau langsung ke sumbernya di Youtube disini

bahkan yang lebih hebat lagi Tim ekspedisi dari brand penyedia perlengkapan dan peralatan kegiatan luar ruang alam tropis Indonesia, Eiger berencana mendaki salah satu gunung paling berbahaya di dunia, Gunung Hkakabo Razi, Myanmar pada tahun 2020. Pendakian Gunung Hkakabo Razi tersebut akan melibatkan pendaki-pendaki internasional.

 

Dari hasil Riset yang mereka lakukan, butuh waktu 15-19 hari untuk ke kaki Gunung saja.dalam rencana mereka tahun 2020…dan itu melewati hutan yang sangat luas dan terpencil.

 

VIDEO ASLI DAN LANGKA GUNUNG MERAPI MELETUS TAHUN 1930

VIDEO ASLI DAN LANGKA GUNUNG MERAPI MELETUS TAHUN 1930

 

kedua Gunung ini sendiri tergolong gunung berbahaya lantaran medannya yang sulit dan juga kondisi keamanan yang tak kondusif di perbatasan Myanmar.

Keylan Mcmillan dalam artikelnya di National Geographic tahun 2015 menulis tantangan mendaki Gunung Hkakabo Razi adalah hutan yang berbahaya dan kondisi geopolitik di perbatasan Myanmar yang tak aman. Salah satunya adalah di negara bagian Kachin, dekat titik pendakian Gunung Hkakabo Razi

Konflik negara bagian Kachin juga berdekatan dengan negara bagian Shan, akibat kontak senjata antara militer dan kelompok bersenjata pernah tercatat pada bulan Februari tahun 2017. Konflik juga pernah terjadi dan menyebabkan lebih dari 20.000 orang mengungsi sejak pertempuran antara tentara dan kelompok bersenjata meletus di dekat perbatasan dengan China pada akhir November 2016.

bagimana masih penasaran dengan kedua Gunung ini, pastikan anda menonton Video Dokumenter penaklukan Gunung Gamlang Razi di Bawah ini. sebuah video dokumenter penjelajahan Gunung yang tidak biasa serasa mendaki Gunung 50 Tahun lalu.

Selamat menikmati.

Toko Buku Petualangan Alam Bebas  

VIDEO First Ascent GAMLANG RAZI the Highest Peak in Southeast Asia

and Higher Than Hkakabo Razi

 

 

Atau yang merasa kesulitan Streaming Video di atas bisa kunjungi langsung

Album Videonya disini

http://bit.ly/FilmIndonesiaKomplet  

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *